RANGKUMAN MATERI KELAS VI
TEMA 7 SUB TEMA 1
Kompetensi Dasar PPkn:
3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Pancasila
merupakan dasar nagara Indonesia
·
Pancasila
adalah ideologi yang menjadi pandangan
hidup bangsa Indonesia.
·
Pancasila secara etimologis berasal dari
bahasa Sansakerta, "Panca" yang artinya adalah lima, dan
"Syla" yang berarti batu sendi.
· Pancasila adalah lima dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Pancasila terdiri dari 5 sila yaitu:
·
Ketuhanan
Yang Maha Esa dilambangkan dengan
bintang
·
Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab dilambangkan dengan rantai
·
Persatuan
Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin
· Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat
Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan dilambangkan dengan kepala
banteng
·
Keadilan
Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas
a. Makna Sila ke 1 pancasila “
Ketuhanan Yang Maha Esa”
· Artinya bangsa indonesia adalah
bangsa yang beragama
· Percaya dan takwa terhadap Tuhan
yang Maha Esa
· Tidak memaksakan suatu agama dan
kepercayaan kepada orang lain
· Membina kerukunan antar umat
beragama
· Mengembangkan sikap saling menghormti
kebebasan menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
· Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan
adalah masalah hubungan pribadi manusia dengan Tuhan-Nya
b. Makna Sila Ke 2 Pancasila “ Kemanusiaan
yang adil dan beradap
·
Memperlakukan
manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha
Esa
·
Mengakui
persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa
membeda-bedakan suku, ras, agama kepercayaan dan lain-lain
·
Mengembangkan
sikap tenggang rasa, dan saling mencintai sesama manusia
·
Mengembangkan
sikap tidak semena-mena terhadap orang lain
·
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta
gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
· Saling menghormati dan bekerja sama
4. Penerapan Nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan dalam Masyarakat dalam kehidupan
a. Penerapan Nilai Ketuhanan
·
Takwa
kepada Tuhan YME dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya
·
Menjalankan
ibadah dengan tetap memperhatikan kenyamanan masyarakat sekitar
·
Menerapkan
toleransi dengan saling menghormati antar umat beragama
·
Bekerja
sama antar umat beragama untuk kepentingan yang bersifat umum
· Tidak memaksakan orang lain untuk memeluk agama tertentu
b. Penerapan Nilai Kemanusiaan
·
Saling
menghormati dan menghargai perbedaan suku, agama, ras, adat istiadat dll dalam masyarakat
·
Tidak
melakukan diskriminasi terhadap sesama warga negara
·
Berani
menyampaikan kebenaran dan menegur kesalahan seseorang dengan etika yang
berlaku di masyarakat
·
Mendahulukan
kewajiban dari pada hak
·
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan
·
Membantu
tetangga yang terkena musibah
Kompetensi
Dasar Bahasa Indonesia:
3.3
Menggali isi teks pidato yang didengar dan dibaca.
1. Pengertian Pidato
·
Pidato
adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi dengan susunan
yang baik untuk menyatakan
pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
·
Pidato
adalah menyampaikan gagasan atau pemikiran tentang suatu hal secara lisan di
depan banyak orang
·
Dalam berpidato
dibutuhkan orator dan audiensi.
·
Orator
adalah orang yang menyampaikan pidato
· Audien adalah orang yang mendengarkan orator berpidato
2. Struktur Pidato
Susunan/ struktur/ unsur pidato antara lain:
a. Pembukaan/ Pendahuluan
- salam pembuka
- sapaan kepada para pendengar yang disampaikan secara runtut
- ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
- pengantar ke topik
- maksud
- tujuan
- sasaran
- rencana
- langkah
- kesimpulan
- harapan
- pesan
- ucapan terima kasih
- sakam penutup
3.
Unsur-unsur pokok dalam pidato
a.
Menentukan tema pidato
b.
Mengumpulkan berbagai
refensi
c.
Membuat rancangan teks
pidato, menyiapkan bahan dan perlengkapan pidato
d.
Merangkai pidato atau
menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti
e.
Berlatih membacakan pidato
f. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
4.
Mengidentifikasi hal pokok dalam pidato
a.
Hal pokok pidato memuat isi
dari pidato
b.
Untuk menemukan hal pokok
dalam pidato, kita perlu mendengarkan pidato yang disampaikan oleh pembicara.
c.
Catatlah hal-hal pokok dari
pidato yang disampaikan
Kompetensi Dasar IPA:
3.2 Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
1. Tahapan perkembangan manusia
(Hurlock)
a. Periode prenatal
b. Periode infancy 0 – akhir pekan 2
c. Periode bayi : akhir pekan kedua
sampai 2 tahun
d. Periode awal masa kanak-kanak : 2 - 6
tahun
e. Periode akhir masa kanak-kanak : 6 -10/12
tahun
f. Masa puber (pra remaja) : 10/12 –
13/14 tahun
g. Periode remaja 13/14 – 18/19 tahun
h. Periode awal masa dewasa : 18/19 – 40
tahun
i.
Periode
pertengahan masa dewasa (usia pertengahan ; 40 – 60 tahun
j.
Periode
usia lanjut : 60 tahun - meninggal
2. Masa pubertas disebut juga masa
remaja, yaitu masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa.
Masa ini ditandai dengan
perubahan-perubahan baik secara fisik, sifat maupun organ reproduksinya yang
matang.
3. Masa pubertas terjadi secara bertahap
a. Pra pubertas yaitu periode sekitar 2
tahun sebelum pubertas ketika anak pertama kali mengalami perubahan fisik yang
menandai kematangan seksual
b. Pubertas merupakan titik pencappaian
kematangan seksual, ditandai dengan keluarnya darah menstruasi pada perempuan
putri . sedangkan pada remaja putra mengalami mimpi basah
c. Pasca pubertas merupakan periode satu
sampai dua tahun setelah pubertas, ketika pertumbuhan tulang telah lengkap dan
fungsi reproduksinya terbentuk secara sempurna.
4. Masa dewasa adalah masa dimana
manusia sudah melewati masa pubertas.
Pada masa ini manusia sudah dianggap
mampu berfikir secara matang. Pada masa dewasa manusia mulai berkeluarga dan
memiliki keturunan.
5. Persamaan masa pubertasa pada
laki-laki dan perempuan
a. Tumbuhnya jerawat
b. Tumbuhnya rampub di ketiak dan
sekitar organ reproduksi
6. Ciri pubertas pada anak laki-laki
a. Mengalami mimpi basah
b. Dada menjadi bidang
c. Suara membesar
7. Ciri masa pra pubertas (sebelum
pubertas) pada anak perempuan
a. Suara cempreng
b. Belum mengalami menstruasi
c. Belum mengalami pembesaran pinggul
dan dada
8. Ciri masa pubertas pada anak
perempuan
a. Suara melengking
b. Mengalami menstruasi
c. Pinggul dan dada membesar
9. Cara menyikapi masa pubertas
a. Menjaga kebersihan tubuh
b. Menjaga kesehatan dan memilih makanan
sehat dan berolahraga
c. Hati-hati bergaul dengan lawan jenis
d. Memilih bacaan dan tontonan yang
sesuai umur
e. Rajin beribadah sesuai agama masing-masing
10. Peran orang tua pada saat anak
mengalami masa pubertas yaitu
a. Sebagai teman atau pendamping
b. Mebangun kedekatan dengan anak
c. Sering berkomunikasi untuk
menghindari hal-hal yang negatif
Kompetensi
Dasar IPS:
3.3
Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi,
politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
A. Peran ASEAN di Bidang
Ekonomi
1.
Pusat
promosi ASEAN
Dengan adanya pusat promosi, ASEAN
dapat membantu para negara anggota untuk memasarkan produk mereka sehingga dapat meningkatkan
perekonomian dan taraf hidup masyarakat.
2.
Penyediaan
cadangan pangan
Untuk
menghindari risiko bahaya ekonomi akibat masalah pangan, ASEAN menetapkan
beberapa negara anggotanya
sebagai lumbung cadangan pangan. Adapun negara yang berkontribusi dalam langkah
ini adalah Indonesia, Malaysia, Filipina,
Thailand, dan Singapura.
3.
Penyelkan berbagai proyek industri, di antaranya:
·
ASEAN
Aceh Fertilizer Project ->
pabrik pupuk di Aceh
·
ASEAN
Urea Project -> pabrik pupuk di Malaysia
·
ASEAN Copper Fabrication project -> pabrik
tembaga di Filipina
·
ASEAN Vaccine Project -> produksi vaksin di
Singapura
·
Rock Salt Soda Ash Project -> produksi abu
soda di Thailand
4.
Kawasan
Perdagangan Bebas
Untuk
dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan, ASEAN menetapkan kawasan
perdagangan bebas
ASEAN (AFTA). Dengan cara ini, setiap negara anggota ASEAN dapat berdagang
dengan negara anggota
lain tanpa harus mengkhawatirkan bea impor.
5.
Koperasi
ASEAN
Koperasi ASEAN merupakan bentuk
kerjasama yang bergerak di bidang koperasi dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan para
negara anggota ASEAN.
B. Peran Indonesia di ASEAN
dalam Bidang Ekonomi
1.
Pendiri
organisasi AFTA (Asean Free Trade Area)
2.
Melakukan
perdagangan bilateral dengan negara lain
3.
Pelaku
kegiatan ekspor impor
4.
Meneyelenggarakan
pertemuan menteri bidang ekonomi
5.
Kerja
sama di sektor industri
6.
Indonesia
berperan dalam peningkatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam
penyerapan tenaga
kerja, pengembangan SDM, jiwa kewirausahaan, dan pengembangan perusahaan dan
produk yang di
luar negeri.
7.
Indonesia
berperan dalam pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat
Ekonomi Asean (MEA).
8.
Mendampingi
usaha masyarakat dan menjembatani distribusi pasar.
9.
Indonesia
turut mendorong peningkatan kerja sama ekonomi ASEAN dengan negara mitra
strategis seperti kanada,
Amerika Serikat, Rusia, Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan dan
Selandia Baru.
10.
Indonesia
berperan dalam membangun daya saing Indonesia di ASEAN melalui pemberdayaan
badan usaha milik desa
11.
Indonesia
mengajak ASEAN untuk berperan penting dalam menghadapi revolusi Industri 4.0
World Economic
Forum on ASEAN di
Hanoi agar generasi muda bersiap mengambil kesempatan dan menjawab tantangan menghadapi tantangan
perkembangan teknologi
Kerja sama dalam bidang ekonomi
bertujuan untuk saling memenuhi kebutuhan negara-negara asean
C. Kerja sama dalam bidang
politik Negara-negara ASEAN
1.
Kerja sama dibidang politik
didasarkan pada sistem hukum internasional.
2.
Tujuan kerja sama di bidang
politik agar kerja sama tersebut dapat terjalin dengan baik dan tidak
menimbulkan penyebab sengketa internasional karena adanya perbedaan sistem
olitik di berbagai negara.
D. Kerja sama dibidang politik
negara-negara ASEAN
1.
Kawasan damai, bebas dan
netral (zone of peace, and Neutrality/zopfan)
2.
Persahabatan dan kerja sama
(Treaty of Amity and Cooperation/TAC in Southeast Asia)
3.
Zona bebas senjata nuklir
asia
4.
Asean regional Forum
E. Posisi
dan Peran Indonesia dalam bidang politik ASEAN
1. Mengikuti ASEAN Defanse Ministers Meeting (ADMM)
2.
Melakukan
pengiriman duta dan konsulat
3.
Menegakkan
perjanjian ekstradisi di kawasan ASEAN
4.
Melaksanakan
kawasan perjanjian bebas nuklir
5.
Sebagai
pendukung kawasan ddamai, bebas dan netral
6.
Ikut bekerjasama
menanggulangi Napza di Asia Tenggara
7.
Ikut terlibat
aktif dalam penyelesaian konflik dikawasan ASEAN.
F. Peran
Indonesia dalam penyelesaian konflik di
kawasan ASEAN
1.
Sebagai
tuan rumah pelaksanaan Jakarta Informal Meeteng (JIM). Pertemuan berlangsung
pada tahun 1988 sampai 1989 untuk menyelsaikan konflik antara kamboja dan
vietnam
2.
Sebagai
pemakrasa dan tuan rumah pelaksanaan informal ASEAN Foreign Minister’s Meeting
(IAFMM) pertemuan ini pada 22 Februari 2011 di Jakarta. Pertemuan sebagai
tindak lanjut hasil sidang Dewan keamanan PBB dalam menyelesaikan konflik
antara Thailand dan Kamboja
3.
Mengirimkan
pasukan garuda IV dan V untuk
menyelsaikan perang saudara di Vietnam
4.
Sebegai
penengah konflik kamboja dan Vietnam pada tahun 1976-1979
5.
Sebeagai
penerngah konflik antara Moro National
Front Liberation (MNFL) dan Filipina
6. Mendesak myanmar agar lebih menghargai penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) antar etnik.
Kompetensi
Dasar SBDP :
3.2
Memahami
Interval Nada
A. Mengidentifikasi Berbagai Interval nada
1. Nada adalah bunyi yang
teratur
2. Nada dasar dalam sebuah
tangga nada adalah nada 1 (do atau sama
dengan C)
3. Interval nada adalah jarak
antar nada
4. Tangga nada diatonis
adalah adalah tangga nada yang tersusun atas tujuh nada yang susunan nad-nada anya
berjarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2
5. Tanggga nada diatonis
mayor biasanya diawali dengan nada C-DO.
6. Ciri tangga nada diatonis
mayor
a. bersifat bersemangat atau riang gembira
b. Biasanya diawali dan
diakhiri nada do. Namun tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol)
atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do)
7. Tanda Kromatik adalah
tanda yang digunakan menaikkan, menurunkan atau mengembalikan nada yang sudah
dinaikan atau diturunkan.
8. Tanda kromatik berfungsi
menaikkan setengah nada dari nada asliny.
9. Macam-macam tanda
kromatika
c. # (kres) digunakan untuk
menikkan setengah nada dari nada asli
d. b (mol) digunakan untuk
menurukan setengah nada dari nada asli
10. Tangga nada diatonis minor
memiliki interval (jarak nada (1-1/2-1-1-1-1/2-1-1)
11. Tangga nada diatonis minor
harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan
setengah.
12. Ciri tangga nada diatonis
minor
a. Lagu bersifat sedih
b. Lagu kurang bersemangat
c. Melodi lagu biasanya
diawali dan diakhiri dengan nada 6 (la) namun tidak menutup kemungkinan diawali
nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la)
13. Contoh lagu bertangga nada
diatonis minor adalah gugur bunga, syukur, hymne guru, bubui bulan, lir ilir
dan butet.

No comments:
Post a Comment