Agar elearning yang sudah kita instal dapat diakses oleh guru dan siswa walaupun pada tempat yang berbeda, maka perlu melakukan beberapa pengaturan seperti di bawah ini:
I. Lihat IP Publik server
Ada banyak cara untuk melihat IP Publik server, salah satunya adalah melalui https://iplocation.com/
IP Publik digunakan untuk memanggil e-learning kita pada computer/HP clien
II. Setting Router/Modem
Setelah mengetahui IP Publik langkah selanjutnya adalah mengatur/setting router. Di sini saya contohkan menggunakan Indihome dengan router/modem merk ZTE 609
Untuk mengatur/setting router melalui beberapa langkah di bawah ini :
1. Ketik pada browser http://192.168.1.1/ (untuk merk lain bias browsing di internet)
Jika belum pernah menganti, maka menggunakan username dan password default yaitu :
Username = user
Password = user
3. Klik pada Application
Tampilan setelah login
4. Buat Application List
Isi kolom yang ada sesuai pada gambar
IP Server dapat dilihat melalui CMD dengan cara menekan tombol+R kemudian ketik CMD
Maka akan muncul seperti ini :
Setting Router/Modem sudah selesai
Selanjutnya guru dan siswa bias masuk ke e-learning dengan memasukkan IP Public:8094
pada browser
Misalnya IP Publik adalah 118.96.168.242 maka untuk menyambungkan
e-learning pada browser (Mozila, Chrome,dsb) diketik 118.96.168.242:8094
SELAMAT MENCOBA
JIKA PAKAI SERVER DARI RESERVER TENDA BAGAIMANA YA LANGKAHNYA
ReplyDelete