KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANSD/MI
KELASVI
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1.
Menganalisis
penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
|
4.1.
Menyajikan
hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
3.2.
Menganalisis
pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta
dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.2.
Menyajikan
hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga
masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.3.
Menelaah
keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
|
4.3.
Mengampanyekan
manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
|
3.4.
Menelaah
persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya
|
4.4.
Menyajikan
hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan
bernegara beserta dampaknya
|
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
KELAS IV
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
||
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual
|
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual
|
dengan cara mengamati dan
|
dalam bahasa yang jelas,
sistematis
|
||
menanya
berdasarkan rasa ingin
|
dan logis,
dalam karya yang estetis,
|
||
tahu tentang dirinya, makhluk
|
dalam gerakan yang mencerminkan
|
||
ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan
|
anak sehat,
dan dalam tindakan
|
||
benda-benda yang dijumpainya di
|
yang mencerminkan perilaku anak
|
||
rumah, di sekolah dan tempat
|
beriman dan berakhlak mulia
|
||
bermain
|
|||
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
||
3.1
|
Menganalisis
hubungan antara
|
4.1
|
Menyajikan
laporan hasil
|
bentuk dan fungsi bagian tubuh
|
pengamatan tentang bentuk dan
|
||
pada hewan dan tumbuhan
|
fungsi bagian tubuh hewan dan
|
||
tumbuhan
|
|||
3.2
|
Membandingkan
siklus hidup
|
4.2 Membuat skema siklus hidup
|
|
beberapa jenis makhluk hidup serta
|
beberapa jenis mahluk hidup yang
|
||
mengaitkan
dengan upaya
|
ada di
lingkungan sekitarnya, dan
|
||
pelestariannya
|
slogan upaya pelestariannya
|
||
3.3
|
Mengidentifikasi
macam-macam
|
4.3
|
Mendemonstrasikan
manfaat gaya
|
gaya, antara
lain: gaya otot, gaya
|
dalam
kehidupan sehari-hari,
|
||
listrik, gaya magnet, gaya
gravitasi,
|
misalnya gaya otot, gaya listrik,
gaya
|
||
dan gaya
gesekan
|
magnet, gaya
gravitasi, dan gaya
|
||
gesekan
|
|||
3.4 Menghubungkan gaya dengan gerak
|
4.4 Menyajikan hasil percobaan tentang
|
||
pada
peristiwa di lingkungan sekitar
|
hubungan
antara gaya dan gerak
|
||
3.5
|
Mengidentifikasi
berbagai sumber
|
4.5
|
Menyajikan laporan
hasil
|
energi, perubahan bentuk energi,
|
pengamatan dan penelusuran
|
||
dan sumber
energi alternatif (angin,
|
informasi
tentang berbagai
|
||
air, matahari, panas bumi, bahan
|
perubahan bentuk energi
|
||
bakar organik, dan nuklir) dalam
|
|||
kehidupan sehari-hari
|
|||
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
KELAS V
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
||||
3.
|
Memahami
pengetahuan
|
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual
|
||
faktual
dan konseptual dengan
|
dan
anak sehat, dan dalam tindakan
|
||||
cara
mengamati,
|
menanya
|
yang
mencerminkan perilaku anak
|
|||
dan
mencoba berdasarkan rasa
|
beriman
dan berakhlak mulia
|
||||
ingin
tentang dirinya, makhluk
|
|||||
ciptaan
Tuhan dan
|
|||||
kegiatannya,
dan benda-benda
|
|||||
yang
dijumpainya
|
di
rumah,
|
||||
di
sekolah dan tempat bermain
|
|||||
3.1 Menjelaskan alat
gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan
alat gerak manusia
|
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan
|
||||
3.2 Menjelaskan organ
pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara
kesehatan organ pernapasan manusia
|
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan ma nusia
|
||||
3.3 Menjelaskan organ
pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ pencernaan manusia
|
4.3 Menyajikan karya
tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia
|
||||
3.4 Menjelaskan organ
peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ peredaran darah manusia
|
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia
|
||||
3.5 Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan
sekitar
|
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam
suatu ekosistem
|
||||
3.6 Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaporkan hasil
pengamatan tentang perpindahan kalor
|
||||
3.7 Menganalisis
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.7 Melaporkan hasil
percobaan pengaruh kalor pada benda
|
||||
3.8 Menganalisis siklus
air dan
|
4.8 Membuat karya tentang
skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
|
||||
3.9 Mengelompokkan
materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat
tunggal dan campuran)
|
4.9 Melaporkan hasil
pengamatan sifat-sifat campuran dan komponenpenyusunnya dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/ MI
KELASVI
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi
Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagaiberikut,
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
|
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
|
1. Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta
tanah air
|
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai
satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1. Bersikap
penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
|
1.2 Menghargai
makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam
menjalankan agama
|
2.2. Melaksanakan
kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta
tanah air
|
1.3 Mensyukuri
keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
|
2.3. Bersikap
toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam
konteks Bhineka Tunggal Ika
|
1.4 Mensyukuri
persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya
|
2.4. Menampilkan
sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
3.1. Membandingkan cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
4.1. Menyajikan karya
tentang perkembangangbiakan tumbuhan
|
3.2. Menghubungkan ciri
pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
|
4.2. Menyajikan karya
tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
|
3.3. Menganalisis cara
makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
4.3. Menyajikan karya
tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai
hasil penelusuran berbagai sumber
|
3.4. Mengidentifikasi
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
|
4.4. Melakukan
percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
|
3.5. Mengidentifikasi
sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5. Membuat laporan
hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.6. Menjelaskan cara
menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
|
4.6. Menyajikan karya
tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber
alternatif energi listrik
|
3.7. Menjelaskan sistem tata
surya dan karakteristik anggota tata surya
|
4.7. Membuat model
sistem tata surya
|
3.8. Menjelaskan
peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana
matahari
|
4.8. Membuat model
gerhana bulan dan gerhana matahari
|
No comments:
Post a Comment