Saturday, April 4, 2020

PEMETAAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETESI DASAR MAPEL IPA DAN PKN


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANSD/MI

KELASVI

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1.  Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1.  Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
3.2.  Menganalisis pelaksanaan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
4.2.  Menyajikan hasil analisis pelaksanaan kewajiban, ha, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari
3.3.  Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat
4.3.  Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi
3.4.  Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya
4.4.  Menyajikan hasil telaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM  SD/MI

KELAS IV



KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.
Memahami pengetahuan faktual
4.
Menyajikan pengetahuan faktual

dengan cara mengamati dan

dalam bahasa yang jelas, sistematis

menanya berdasarkan rasa ingin

dan logis, dalam karya yang estetis,

tahu tentang dirinya, makhluk

dalam gerakan yang mencerminkan

ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan

anak sehat, dan dalam tindakan

benda-benda yang dijumpainya di

yang mencerminkan perilaku anak

rumah, di sekolah dan tempat

beriman dan berakhlak mulia

bermain







KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR




3.1
Menganalisis hubungan antara
4.1
Menyajikan laporan hasil

bentuk dan fungsi bagian tubuh

pengamatan tentang bentuk dan

pada hewan dan tumbuhan

fungsi bagian tubuh hewan dan



tumbuhan
3.2
Membandingkan siklus hidup
4.2    Membuat skema siklus hidup

beberapa jenis makhluk hidup serta

beberapa jenis mahluk hidup yang

mengaitkan dengan upaya

ada di lingkungan sekitarnya, dan

pelestariannya

slogan upaya pelestariannya
3.3
Mengidentifikasi macam-macam
4.3
Mendemonstrasikan manfaat gaya

gaya, antara lain: gaya otot, gaya

dalam kehidupan sehari-hari,

listrik, gaya magnet, gaya gravitasi,

misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya

dan gaya gesekan

magnet, gaya gravitasi, dan gaya



gesekan
3.4    Menghubungkan gaya dengan gerak
4.4    Menyajikan hasil percobaan tentang

pada peristiwa di lingkungan sekitar

hubungan antara gaya dan gerak
3.5
Mengidentifikasi berbagai sumber
4.5
Menyajikan laporan hasil

energi, perubahan bentuk energi,

pengamatan dan penelusuran

dan sumber energi alternatif (angin,

informasi tentang berbagai

air, matahari, panas bumi, bahan

perubahan bentuk energi

bakar organik, dan nuklir) dalam



kehidupan sehari-hari






KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM  SD/MI

KELAS V




KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
 (KETERAMPILAN)

3.
Memahami pengetahuan
4.
Menyajikan pengetahuan faktual


faktual dan konseptual dengan

dan anak sehat, dan dalam tindakan


cara mengamati,
menanya

yang mencerminkan perilaku anak


dan mencoba berdasarkan rasa

beriman dan berakhlak mulia


ingin tentang dirinya, makhluk




ciptaan Tuhan dan




kegiatannya, dan benda-benda




yang dijumpainya
di rumah,




di sekolah dan tempat bermain



3.1    Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan

3.2    Menjelaskan organ pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
4.2 Membuat model sederhana organ pernapasan ma nusia


3.3    Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
4.3  Menyajikan karya tentang konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia


3.4    Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
4.4 Menyajikan karya tentang organ peredaran darah pada manusia


3.5    Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
4.5 Membuat karya tentang konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem

3.6    Menerapkan konsep perpindahan  kalor dalam kehidupan sehari-hari
4.6  Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor
3.7    Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
4.7  Melaporkan hasil percobaan  pengaruh kalor pada benda
3.8    Menganalisis siklus air dan
4.8  Membuat karya tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
3.9    Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)
4.9  Melaporkan hasil pengamatan sifat-sifat campuran dan komponenpenyusunnya dalam kehidupan sehari-hari


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/ MI
KELASVI

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagaiberikut,
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air
1.1   Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari
2.1.  Bersikap penuh tanggung jawab sesuai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
1.2   Menghargai makna kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam menjalankan agama
2.2.  Melaksanakan kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga negara sebagai wujud cinta tanah air
1.3   Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3.  Bersikap toleran dalam keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
1.4   Mensyukuri persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa beserta dampaknya
2.4.  Menampilkan sikap tanggung jawab terhadap penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
3.1.     Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
4.1.     Menyajikan karya tentang perkembangangbiakan tumbuhan
3.2.     Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
4.2.     Menyajikan karya tentang cara menyikapi ciri-ciri pubertas yang dialami
3.3.     Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
4.3.     Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya, sebagai hasil penelusuran berbagai sumber
3.4.     Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
4.4.     Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel
3.5.     Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
4.5.     Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6.     Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik
4.6.     Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik
3.7.      Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
4.7.     Membuat model sistem tata surya
3.8.     Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
4.8.     Membuat model gerhana bulan dan gerhana matahari




No comments:

Post a Comment