Monday, April 20, 2020

CONTOH LAPORAN DIKLAT DARING

LAPORAN
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FUNGSIONAL



DIKLAT DARING PENILAIAN QUZIZZ DALAM PEMBELAJARAN
GURU MADRASAH INDONESIA


Disusun Oleh :
SITI KHOLIFAH, S.Pd.I.
NIP. 198601282009012002



LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU
MI NURUL HUDA HARJOWINANGUN BARAT
NPSN :60713257 NSM : 111233250032
Alamat :Jl. Utama Barat No. 10 DesaHarjowinangun Barat RT 04 RW 02 51272




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Pengembangan diri adalah upaya-upaya untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembelajaran/pembimbingan termasuk pelaksanaan tugas-tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/ madrasah. Kegiatan pengembangan diri terdiri dari diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. 
Diklat fungsional adalah kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau latihan yang bertujuan untuk mencapai standar kompetensi profesi yang ditetapkan dan/atau meningkatkan keprofesian untuk memiliki kompetensi di atas standar kompetensi profesi  dalam kurun waktu tertentu. Minimal sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dalam Permenpan Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Sedangkan kegiatan kolektif guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau kegiatan bersama yang bertujuan untuk mencapai standar atau di atas standar kompetensi profesi yang telah ditetapkan. 
Di tangan gurulah akan dihasilkan peserta didik yang berkualitas, baik secara akademis, skill (keahlian) kematangan emosional dan moral serta spiritual. Tentunya, diperlukan sosok guru yang mempunyai kualifikasi, kompetensi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya. 
Untuk meningkatkan profesionalisme sebagai seorang guru, penulis mengikuti beberapa pendidikan dan pelatihan  jenis kegiatan pengembangan diri, diantaranya yaitu Diklat Daring Pembelajaran Quizizz
Sebagai bentuk tanggung jawab dalam mengikuti  kegiatan pengembangan diri. maka penulis pandang perlu untuk menuliskan laporan kegiatan ini.
 

B.     Tujuan
    Berdasarkan paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan :
  1. Wadah mengembangkan wawasan guru untuk meningkatkan pelayanan pembelajaran kepada siswa
  2. Sebagai salah satu syarat wajib kenaikan pangkat fungsional guru sesuai yang diamanatkan pada permenpan no. 16 tahun 2009

C.    Manfaat 
    Manfaat yang diharpkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.     Bagi Peserta Didik,  akan memperoleh jaminan pelayanan dan pengalaman belajar yang lebih efektif. 
2.     Bagi Guru, dapat memenuhi standar dan mengembangkan kompetensinya sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas utamanya secara efektif  sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik untuk menghadapi kehidupan di masa datang. 
3.     Bagi Sekolah/Madrasah, akan mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. 
4.     Bagi Orang Tua/Masyarakat, akan memperoleh jaminan bahwa anak mereka mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan pengalaman belajar yang efektif. 
5.     Bagi Pemerintah, akan memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional.




BAB II
LAPORAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI


A.      PENGEMBANGAN DIRI
Waktu Pelaksanaan    :    Tanggal 05 s.d 11 April  2020
Jenis Kegiatan            :    Diklat Daring secara online (dalam jaringan)
Tema                           :    Penilaian Quizizz dalam Pembelajaran
Beban belajar              :    32 jam
Penyelenggara            :    Grup Guru Madrasah Indonesia (GMI) 
Narasumber                :    Yazid Shofwan, M.Sc.

B.       Tujuan Pengembangan Diri
1.         Peserta dapat menggunakan Google Classroom sebagai salah satu dari media pembelajaran, selain tatap muka di kelas;
2.         Dapat memahami konsep media pembelajaran berbasis elektronik, khususnya google classroom;
3.         Peserta juga dapat mengelola kelas dan nilai di dalam google classroom.
4.         Meningkatkan kompetensi guru yang bermuara pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran
5.         Untuk memenuhi angka kredit sebagai salah satu syarat wajib kenaikan jabatan fungsional guru
6.         Mendukung Pearturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, tugas guru tidak hanya mengajar, membimbing dan menilai, namun harus mmelakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang meliputi pengembangan diri, pubrikasi ilmiah dan karya inofatif.
C.      Rincian Materi Diklat
NO
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
JP
1
Pembuatan akun GC dan gabung kelas
Membuat dan mengenal google clasroom
2
2
Pree tes

2
3
Pengenalan penilaian online quizizz
Membuat akun quizizz
Mengenal fitur-fitur quizizz
6
4
Melakukan Penilaian dengan quizizz
Menggunakan penilain yang sudah ada
Penilaian langsung / play live
Peilaian penugasan/Assign HW
Latihan / praktik
6
5
Pengembangan penilaian quizizz
Membuat penilaian langsung
Melakukan menyisipkan gambar, suara, membuat rumus
teleport
8
6
Pengelolaan hasil penilaian
Melihat nilai
Mereview soal
Mendownload hasil
6
7
Post test

2

Jumlah
32

D.      Tindak Lanjut
  1. Melakukan diseminasi dengan guru-guru di sekolah/madrasah penulis dengan jadwal dikoordinasikan dengan kepala sekolah. 
  2. Mengimplementasikan materi yang diperoleh pada pembelajaran penulis
  3. Melakukan perencanaan pembelajaran dan menyusun instrumen penilaian yang baik

E.       Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak dari pengembangan diri yang dilakukan adalah :
  1. Menambah kemampuan akademik penulis dalam pembelajaran daring
  2. Mampu membelajarkan siswa menggunakan metode yang bervariatif
  3. Menggunakan media pembelajaran online untuk pencapaian kompetensi
Sedangkan dampak bagi siswa adalah : 
  1. Kegiatan pembelajaran tetep berjalan walaupun tidak dalam ruang kelas dan  peserta didik sangat antusias menerima pelajaran
  2. Peserta didik lebih disiplin dan bersikap lebih baik
  3. Rasa saling menghargai sesama teman, saling membantu sesama teman dan kerja sama di antara sesama peserta didik menjadi meningkat.



 BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
    Berdasarkan hasil dari  kegiatan Pengembangan diri dapat ditarik  simpulan sebagai berikut :
1.    Secara empirik menunjukkan bahwa bimbingan dan pelatihan yang telah di laksanakan selama ini telah berdampak secara signifikan terhadap peningkatan kinerja guru pada satuan pendidikan, dan berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. 
2.    Memahami konsep kurikulum 2013 
3.    Kompetensi pedagogik penulis meningkat

B.       Saran
1.    Peningkatan kinerja dan kompetensi guru perlu terus dikembangkan dan dilaksanakan secara optimum.
2.    Materi pelatihan perlu dikemas lebih baik lagi
3.    Perlu adanya evaluasi dan monitoring kepada guru setelah mengikuti pelatihan



LAMPIRAN-LAMPIRAN


A.     Rekapitulasi / Matrik Kegiatan Pengembangan Diri
B.     Surat Tugas
C.    Surat Pemanggilan Peserta
C.    Sertifikat

21 comments:

  1. God Job... thanks so much.....

    ReplyDelete
  2. ijin download ya bu laporannya sebagai contoh.
    makasih byk...

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah maturnuwun bunda laporannya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah berbagi.sukses buat ibu

    ReplyDelete
  5. Terimakasih Bu sdh berbagi, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. makasih bu .... bisa berbagi.... lanjutkan bu...

    ReplyDelete
  7. TERIMA KASIH BU SDH BERBAGI...^_^

    ReplyDelete