Friday, July 3, 2020

PETUNJUK/PEDOMAN PENYUSUNAN DAN PENGEMBANGAN KTSP

Petunjuk Teknis/Pedoman Penyusunan dan Pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) RA, SD/MI, MTs. dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021


penyusunan ktsp

Kurikulum adalah seperangkat perencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Lebih luas lagi, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dan tujuan pendidikan di madrasah.

Setiap satuan pendidikan  memiliki otoritas penuh dalam menetapkan kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan visi, misi, dan tujuan madrasah. Untuk mewujudkan hal tersebut satuan pendidikan madrasah dapat melakukan inovasi dan mengembangkan struktur kurikulum, beban belajar, mengembangkan strategi, muatan lokal, ekstra kurikuler dan kebutuhan prioritas madrasah. Karena disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan, maka disebut dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau disingkat KTSP.

Walaupun Pengembangan KTSP  diserahkan kepada Satuan Pendidikan, namun tetap  harus memperhatikan beberapa ketentuan yang telah ditetapkan baik oleh Dinas Pendidikan maupun Pendis Kementerian Agama.

Langkah-langkah Penyusunan KTSP

Penyusunan KTSP hendaknya mengikuti langkah-langkah yang sebagai berikut :

1. Membentuk Tim Pengembang Kurikulum

Tahap awal yang harus dilakukan madrasah dalam pengembangan KTSP adalah menyusun tim pengembang kurikulum madrasah. Tim terdiri dari unsur: kepala madrasah, komite madrasah, guru (termasuk Koordinator Bidang Kurikulum) dan pemangku kepentingan (stakeholders). Tim ini merupakan penggerak penyusunan, implementasi, monitoring dan pengendali, serta evaluasi kurikulum. Tim ini mengadakan pertemuan-pertemuan untuk mengkaji kebijakan-kebijakan dalam pengembangan kurikulum.

2. Analisis konteks/pemetaan madrasah

Tim pengembang kurikulum madrasah melakukan analisis terhadap kondisi madrasah dan hubungannya dengan peserta didik. Analisis dilakukan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi madrasah. Analisis ini dilakukan secara holistik sehingga hasil yang diperoleh merupakan gambaran nyata tentang kondisi madrasah.

3. Penyusunan dokumen 1 KTSP

Setelah melakukan analisis, Tim pengembang kurikulum menyelenggarakan pertemuan/workshop untuk menyusun KTSP. Kepala madrasah, guru, komite madrasah dengan bimbingan pengawas dan nara sumber menyusun KTSP dokumen 1 dengan pertimbangan utama mutu konten/ isi dokumen.

Secara teknis KTSP dokumen 1 memuat komponen-komponen sebagai  berikut:

Pendahuluan, Karakteristik Madrasah, Visi, Misi, dan Tujuan, Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan. Masing-masing komponen ini terdiri dari sub komponen sebagaimana dalam tabel berikut:

Komponen Dokumen 1 KTSP



ISI DOKUMEN 1 KTSP

Halaman sampul

Halaman pengesahan

Halaman rekomendasi dan validasi

Kata pengantar

Daftar isi

A. Pendahuluan

1. Latar Belakang : Rasional pengembangan kurikulum

2. Tujuan

B. Karakteristik Madrasah

1. Profil Madrasah

2. Analisis konteks

C. Visi, Misi, Tujuan dan Program Prioritas / Keunggulan

D. Struktur dan Muatan Kurikulum

1. Struktur Kurikulum

2. Muatan Kurikulum

a. Muatan Nasional

b. Muatan Lokal

c. Pengembangan Diri

d. Pengaturan Beban Belajar

e. Ketuntasan Belajar

f. Kenaikan Kelas

g. Kelulusan

h. Mutasi Peserta Didik

i. Penguatan Pendidikan Karakter

j. Strategi Pembelajaran dan Penilaian

E. Kalender Pendidikan



Lampiran-lampiran

·         SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah

·         SK Kriteria Ketuntasan Minimal

·         SK Kriteria Kenaikan Kelas

·         Lampiran lain yang relevan



Secara rinci, rancangan dokumen KTSP dokumen 1 disajikan sebagai berikut:

a. Halaman awal

Halaman awal KTSP dokumen 1 mencakup halaman sampul, halaman penetapan dan pengesahan, kata pengantar dan daftar isi. Rinciannya sebagai berikut :

1) Halaman sampul memuat judul KTSP, nama madrasah, logo madrasah, alamat (nama jalan dan nomor atau nama desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota serta tahun penyusunan.

2) Halaman pengesahan memuat judul KTSP, nama madrasah, lokasi madrasah, tanggal penetapan dan pengesahan, orang-orang yang menetapkan dan mengesahkan.

3) Halaman rekomendasi dan validasi pengawas.

4) Kata pengantar berisi prakata kepala madrasah.

5) Daftar isi yang menunjukkan susunan bab dan sub bab beserta halaman termasuk lampiran.



b. Bab I Pendahuluan

Pendahuluan memuat latar belakang dan tujuan pengembangan KTSP.

Latar belakang memuat dasar-dasar pemikiran yang digunakan dalam penyusunan KTSP yang spesifik sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan.

Tujuan pengembangan KTSP menjelaskan maksud dan manfaat KTSP ini disusun baik bersifat langsung maupun tidak langsung.


Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan
Dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.

demikian sekilas tenatang  Penyusunan dan Pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) RA, SD/MI, MTs. dan MA Tahun Pelajaran 2020/2021.
untuk lebih jelasnya bisa download Juknis Penyusunan dan Pengembng KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)  melalui link di bawah ini :

No comments:

Post a Comment